BAB V
MEMBUAT HOMEPAGE SEDERHANA
A. MENENTUKAN PERANGKAT LUNAK UNTUK MEMBUAT HOMEPAGE
Membuat homepage harus mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan
Yaitu sebagai berikut.
1. Tujuan dibuatnya homepage, apa sebenarnya yang menjadi tujuan utama dari
Pembuatan homepage harus jelas.
2. Siapa yang menjadi target untuk melihat homepage yang kita buat.
3. Klasifikasikan informasi yang akan ditampilkan dalam homepage.
4. Hasil klasifikasi informasi yang akan mewakili satu halaman homepage.
5. Buat sebuah scenario dari setiap hasil klasifikasi tersebt agar informasi yang akan ditampilkan benar-benar jelas atau tidak mangambang.
Terdapat juga 3 criteria tools atau alat Bantu yang dapat digunakan untuk membantu pengembangan homepage, yaitu editor HTML, graphics, dan multimedia animasi dan suara.
1. Editor HTML
Editor HTML digunakan untuk mendesain homepage dan komponen-
Komponennya. Selain itu seditorHTML juga digunakan untuk menggabungkan gambar, suara dan animasi yang telah dibuat dalam suatu halaman homepage. Editor HTML yang bersifat graphical user interface, akan mengurangi waktu kita dalam proses penulisan sintaks.
2. Editor Graphics
Editor grafis dgunakan untuk mengedit gambar yang akan ditampilkan pada homepage. Kita dapat memodifikasi warna, memotong gabar, memperbesar atau memperkecil gambar. Terdapat beberapa editor grafik yang sering digunakan dan popular yaitu CorelDRAW dan Adobe Photoshop.
3. Editor Multimedia Animasi dan Suara.
Editor multimedia digunakan untuk membuat animasi gambar dan suara. Terdapat suatu editor animasi yang paling popular yaitu, Macromedia Flash tidak hanya digunakan untuk membuat animasi gambar dan suara, tetapi juga untuk membuat suatu homepage multimedia.
B.MENENTUKAN LAYOUT HOMEPAGE YANG DIINGINKAN
Layout atau frame merupakan bentuk format navigasi dari homepage yang akan ditampilkan. Terdapat beberapa layout halaman homepage yang dapat kita gunakan dan tersedia pada Microsoft FrontPage XP.Kita tidak perlu membuat layout yg rumit yg akan membuat pengaksesan homepage lamban.
Layout atau frame merupakan bentuk format navigasi dari homepage yang akan ditampilkan.
Untuk melihat dan memilih jenis layout yang tersedia dalam Microsoft FrontPage XP, dapat dilakukan pada saat akan membuat halaman atau website baru. Langkah-langkah untuk melakukannya , yaitu sebagai berikut.
1. Pilih tombol start, all program, Microsoft FrontPage.
2. Pilih menu file, new, page or web.
3. Pilih Page Templates pada bagian New From template dari takspane New Page or web.
4. Pilih tab Frames Pages
5. Pilih jenis frame yang kamu inginkan lalu kli OK.
C. MENERAPKAN HYPERLINK
Hyperlink digunakan sebagai alat navigasi halaman pada homepge. Terdapat banyak informasi yang tidak dapat dijelaskan dalam satu halaman homepage secara keseluruhan. Cukup dengan menggunakan hyperlink, kita dapat menuju ke informasi yang akan kita akses pada page yang lain.
Langkah-langkah membuat hyperlink menggunakan Microsoft FrontPage, yaitu sebagai berikut.
1. Aktifkan aplikasi Microsoft FrontPage XP,
2. Buat tulisan “link ke halaman lain”
3. Blok tulisan “Link ke halaman lain” dengan cara men-drag tombol kiri mouse.
4. Tekan tombol pada Ctrl + K pada keyboard sehinnga akan ditampilkan kotak dialog Insert Hyperlink.
5. Setelah file disimpan dan dijalankan, ketika kita klk “Link ke halaman lain” maka akan membuka halaman tujuan link tersebut.
D. MENERAPKAN CASCADING STYLE SHEET
Fungsi utama CSS adalah untuk melakukan pengaturan beberapa format, yaitu:
1. bentuk huruf
2. ukuran huruf
3. format huruf
4. warna huruf
5. warna background
6. warna hyperlink
7. format textbox
Beberapa CSS yang telah terseda dalam Micosoft FrontPage XP, dapat diakses dengan menggunakan langkah-langkah di bawah ini.
1. Aktifkan Microsoft FrontPage XP,
2. Pilih menu file, new, page or web
3. Pilih page Templates pada bagian New From template
4. Pilih tab Style Sheets
5. Pilih jenis Style sheet yang kamu inginkan lalu klik OK
Membuat CSS yang selanjutnya akan kita aplikasikan pada salah satu page HTML.
1. Aktifkan Microsoft FrontPage XP,
2. Pilih menu File, New, Page or Web
3. Pili page Templates pada bagian New From remplate
4. Pilih tab Style Sheet
5. Pilih jenis Arcs kemudian tekan tombol OK
6. Pilih File, Save
7. Ketikkan SMUKU padakotak dialog File name kotak dialog Save As kemudian tekan tombol Save.
E. MEMBUAT APLIKASI DALAM SISTEM YANG TERINTEGRASI
* Untuk membuat sebuah situs Hompage, diperlukan sebuah scenario yang sederhana. Fungsi dari scenario tersebut yaitu untuk memandu kita dalam menentiukan apa saja yang dapat dilakukan oleh suatu halaman atau website. Jika scenario sudah dibuat maka implementasi atau pembuatan website tidak akan mengambang
*Menentukan Directory Lokasi kerja.
Directory tempat kita menyimpan file-file hasil kerja juga harus dipersiapkan dengan baik dan terorganosir. Pada satu directory , sebaiknya tidak terdapat beberapa pekerjaan yang berbeda fungsi. Pengorganisasian ini untuk mempermudah pencarian file hasil kerja pada saat diperlukan.
*Membuat halaman pada Homepage
Homepage yang akan kita buat terdiri dari 4 halaman. Setiap halaman memperlihatkan tampilan yang berbeda sesuai dengan fungsinya masing-masing.
1. Membuat halaman 1
2. Membuat halaman 2
3. Membuat halaman 3
4. Membuat halaman 4
F. MEMBUAT GRAFIS SESUAI DENGAN HOMEPAGE YANG DIINGINKAN
G. MENDAFTARKAN ALAMAT DOMAIN KE PROVIDER WEB HOSTING
Untuk mempublikasikan homepage yg dibuat melalui internet,kita perlu mempunyai alamat di internet yg disebut domain.Untuk mendapatkannya kita harus membeli domain tsb.Nama domain sangat spesifik dan unik.Untuk dapat nama yg sama kita harus punya ekstension domain yang berbeda.
Langkah-langkah mendaftarkan alamat domain ke provider web hosting
1. Masuk ke situs web penjual web domain yang memiliki servis dan support yang baik seperti www.idwebhost.com, www.singcat.com, www.indohoster.com, dsb.
2. Daftar user baru pengguna situs tersebut.
3. Cari kotak isian yang berfungsi untuk mancari status domain apakah masih bisa didaftarkan atau sudah didaftarkan orang lain. Isi dengan domain yang anda ingin tahu ketersediaannya. Contoh masukkan abc.com, jika masih available berarti anda bisa mendaftarkan domain tersebut, namun jika tidak bisa maka anda bisa mencoba mencari alternatif domain lain atau membeli domain akhiran lain.
4. Daftarkan domain yang tersedia / available tersebut dengan mengisi berbagai form isian untuk data konfigurasi, alamat, dan lain-lain.
5. Lakukan pembayaran sesuai prosedur yang dapat dilayani oleh masing-masing penjual domain. Contohnya adalah seperti melakukan transfer rekening-rekening bank.
6. Konfirmasi pembayaran bahwa anda telah melakukan perbayaran atas domain yang anda daftarkan tadi melalui form isian, yahoo instant messenger, email, sms, dan lain sebagainya sesuai ketentuan penjual domainnya.
7. Jika semua lancar dan berjalan mulus, maka anda sudah dapat menggunakan domain anda dalam beberapa saat. Biasanya akan ada kiriman email yang mengkonfirmasi domain anda sudah bisa digunakan.
8. Setting name server domain tersebut agas merujuk ke server webhosting anda. name server berbentuk alamat situs dengan awalan subdomain ns1, ns2, dan sebagainya. Urutan dns name server berpengaruh karena ketika ns1 down, maka kita dialihkan ke ns2.
9. Selanjutnya anda harus memiliki account web hosting untuk dapat segera membuat situs. Dari account webhosting inilah anda mendapatkan domain name server atau dns. Setting tambah domain addon atau parked dengan domain baru anda pada control panel yang ada. Kemudian anda sudah bisa mulai membuat situs anda.
10. Jangan lupa memperpanjang masa aktif domain anda setiap 11 bulan sekali agar tidak terlewat. Agar orang tidak mengambil alih domain tersebut.
H. Melakukan Upload
Untuk lebih mudah memahami cara melakukan upload dan perbaikan data homepage, kita gunakan fasilitas gratis dari Yahoo dengan alamat http://www.yahoo.com. kita akan meng-upload homepage yang kita buat sebelumnya ke Yahoo Geocities agar mudah diakses. Langkah-langkahnya, yaitu :
1. Daftarkan nama sekolahsmuku sebagai user atau pengguna Yahoo Geodties. Caranya, tekan tombol Sign Up Now. Selanjutnya, akan ditampilkan halaman yang menyediakan fasilitas log in. Klik link Sign Up dibawah kotak log in.
2. Untuk pengguna baru, akan ditampilkan halaman untuk melakukan registrasi. Lengkapi form, Setelah selesai melengkapi form registrasi yang tersedia, tekan tombol I Agree.
3. Lakukan proses registrasi secara lengkap. Setelah selesai melakukan proses registrasi, selanjutnya akan ditampilkan halaman. Klik link Build your websites now! untuk berpindah ke halaman berikutnya.
4. Selanjutnya, akan ditampilkan halaman Geocities Control Panel, Pilih menu Manage kemudian klik link File Manager.
5. Pada halaman File Manager, klik link Open File Manager.
6. Pada halaman berikutnya akan ditampilkan fasilitas untuk melakukan upload file. Tekan tombol Upload Files yang terdapat di sebelah kanan atas.Selanjutnya, masukkan file-file HTML yang sudah dibi sebelumnya. Caranya, tekan tombol Browse di sebelah kanan setiap kotak untuk mengisi lokasi nama file dimaksud. Setelah selesai memasukkan semua file yang dibutuhkan, tekan tombol Upload File Kamu dapat menekan tombol Add more files untuk menambah jumlah file yang akan dimasukkan.
7. Setelah memasukkan file yang dibutuhkan, selanjutnya akan ditampilkan pesan bahwa proses upload file telah berhasil dilakukan.
8. Lalu, tekan link File Manager yang terdapat dibagian bawah halaman.
9. Untuk memasukkan folder gambar yang sudah dibuat, kita perlu membuat subdirectory untuk folder gambar tersebut. Caranya, tekan tombol New di bawah Subdirectories yang ditampilkan. Beri nama subdirectory dengan nama Image kemudian tekan tombol Create Subdirectory.
10. Selanjutnya, buat subdirectory untuk menyimpan/fe CSS dengan cara yang sama. Beri nama subdirectory dengan nama CSS kemudian tekan tombol Create Subdirectory.
11. Edit file index.htm yang sudah disediakan oleh Geocities dengan meiakukan modifikasi terhadap isinya. Tandai file index.htm kemudian tekan tombol Edit.
12. Lakukan proses pengeditan melalui editor HTML yang tersedia. Setelah selesai, tekan tombol Save untuk menyimpan hasil pengeditan.
13. Untuk memasukkan file gambar Fish.jpg dan file CSS SMUKU.css ke dalam subdirectory Image dan CSS, klik dua kali subdirectory CSS pada halaman yang ditampilkan, kemudian lakukan upload file SMUKU.css melalui tombol Upload Files.
14. Untuk menampilkan tampilan homepage yang telah kamu upload, klik link View My Site yang terdapat di halaman sebelah kanan atas.
I. Memperbaiki dan Merevisi Data Yang Sudah Ada
Cara memperbaiki homepage yang telah kita buat pada Yahoo! Geocities, mudah diakses. Langkah-langkahnya, yaitu sebagai berikut:
1. Aktifkan Yahoo! Geocities, lakukan login dengan nama sekolahsmuku dan password yang sesuai.
2. Aktifkan Geocities Control Panel yang akan menampilkan halaman. Pilih menu
Manage kemudian klik link File Manager. Pada halaman File Manager, klik link Open File Manager kemudian klik link Open File Manager.
3. Upload file logosmuku.gif dengan cara menekan tombol Browse di sebelah kanan kotak upload file.
4. Ubah gambar fish.jpg yang terdapat dalam setiap halaman, yaitu datasiswa.htm, jadwalpelajaran.htm, kegiatansiswa.htm, dan linkbermanfaat.htm dengan gambar logosmuku.gif.
5. Ubah link Selanjutnya, tekan tombol Save untuk menyimpan hasil pengeditan
halaman.
6. Untuk menampilkan halaman yang sudah diubah gambarnya, klik link View My Site di bagian kanan atas halaman.
BAB III
MENGGUNAKAN EMAIL UNTUK KOMUNIKASI
Kemunculan jaringan internet, membuat cara kehidupan manusia berubah, dari membaca, komunikasi, pembelajaran sampai transaksi. Hampir setiap segi kehidupan manusia bertolak belakang dengan cara kehidupan tradisional, dulu harus menghabiskan waktu yang tidak sedikit, serta mengerjakan sesuatu secara bertahap dan proses yang rumit untuk mendapatkan keinginan kita. Namun sekarang cukup dengan menggerakkan jari tangan anda masuk ke jaringan internet maka keinginan anda langsung terpenuhi. Di zaman yang penuh perubahan ini, mungkin kita bukan seorang yang mahir dalam menentukan kebijaksanaan, namun langkah kita dituntut untuk selalu mengikuti perubahan yang terjadi setiap saat. Selain mengikuti trend untuk berinternet, ada lagi cara yang lebih antusias lagi yaitu menggunakan cara digital yang paling modern menciptakan ruang khusus di dunia internet, serta mengumumkan kepada seluruh dunia bahwa kita telah menjadi salah satu pengguna di internet. Dibawah ini kita akan mempelajari cara mengajukan atau register email, untuk membangun jalur informasi yang lebih praktis dan mudah.
- Gunakan software browser Internet Explorer yang ada di desktop anda, kemudian ketik alamat website http://id.yahoo.com di kolom alamat website, kemudian gunakan mouse klik tombol “Search” yang ada di sebelah kolom untuk membuka homepage Yahoo.
- Pilih tulisan “Mail” di sebelah kanan homepage, lalu klik tulisan tersebut untuk masuk ke tampilan halaman pendaftaran / register email Yahoo.
Setelah masuk ke tampilan halaman pendaftaran email, klik tulisan “Daftar Sekarang”.
Pada tampilan pilihan ID dan sandi, masukkan data diri dan ID anda.
Kemudian, pada halaman tampilan bawah terdapat bagian “Ketentuan Layanan” pilih tombol “Saya Setuju”.
Masuk ke email dengan menggunakan ID yang baru selesai didaftar!
Setelah masuk ke halaman tulis, pertama2 bagian "kepada" diisi alamat email yang dituju, kemudian "topik" diisi dengan isi
Setelah berhasil melampirkan file untuk dikirim, di bagian bawah bisa ditulis isi
Langkah-langkah yang digunakan untuk mengirim e-mail attachment adalah sebagai berikut:
1. Klik tombol Start → All Programs kemudian klik Microsoft Outlook.
2. Klik tombol New Missage.
3. Isikan email address tujuan pada kolom To:, jika ada lebih dari satu email address tujuan, tekan enter, kemudian ketikkan email address berikutnya.
4. Pindahkan kursor pada kolom Subject: , kemudian ketikkan tema surat Anda.
5. Klik tombol Attachment (insert file berada disebelah tombol send).
6. Kemudian double klik file (misal nama file yang akan dikirim:, memberi nama komputer).
7. Klik tombol Send, maka file tersebut akan terkirim ke alamat yang Anda kirimkan.
1. Ikutilah tata krama dalam mengirim email, khususnya jika email itu penting. Buatlah pesan secara singkat, terfokus dan jelas.
2. Hargai penerima email Anda dengan ucapan sapaan hormat semacam ‘terima kasih’ dan sebagainya. Buatlah pula subyek email dengan jelas.
3. Hati-hati, jangan sampai mengirim email pada orang yang salah. Teliti selalu sebelum membeli mengirim email penting.
4. Jangan hanya memakai 1 alamat email untuk segala urusan. Bagi-bagi alamat email Anda untuk urusan bisnis, pertemanan, mailing list dan sebagainya agar tidak menimbulkan kebingungan karena banjir email.
5. Mengecek seluruh akun email mungkin akan terlalu menyita waktu. Solusinya, Anda bisa memakai software gratis seperti Prompter. Software ini bisa otomatis mengumumkan email yang masuk pada pengguna serta mengorganisir email.
6. Jangan tekan tombol ‘kirim’ terlalu cepat. Baca ulang email Anda untuk meminimalisir kesalahan seperti salah ketik atau salah kata. Terlalu banyak kesalahan dalam email bisa mempengaruhi persepsi penerima bahwa Anda ceroboh dan tidak menghargai sang penerima pesan.
7. Seringkali Anda lupa bahwa Anda perlu mencantumkan ‘attachment’. Untuk itu, pastikan ‘attachment’ jangan sampai ketinggalan.
8. Atur email dengan mengelompokkan dan memasukkannya kedalam folder sesuai dengan kategorinya, agar kita mudah untuk mengeceknya kembali dan isi email menjadi lebih rapi.
9. Jangan sembarangan register keanggotaan pada satu layanan website yang menggunakan email, karena pihak penyedia layanan bisa saja memanfaatkan alamat email untuk keperluan seperti spam dan sebagainya.
BAB IV
MENCARI INFORMASI DAN BERKOMUNIKASI MELALUI INTERNET
A. MENGGUNAKAN PELAYANAN INTERNET DALAM AKSES INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK MENYELESAIKAN TUGAS-TUGAS YANG DIBERIKAN OLEH GURU
Beberapa situs khusus yang membahas satu topik mata pelajaran/masalah antara lain sebagai berikut:
1. www.chem-is-try.org, membahas mengenai ilmu kimia
2. www.ilmukomputerr.com, membahas mengenai ilmu komputer
3. www.fisika.lipi.go.id, membahas mengenai ilmu pengetahuan
4. www.invir.com berisi contoh soal ujian/ebtanas
Selain menggunakan situs yang sesuai dengan mata pelajaran tertentu, jita dapat melakukan pencarian informasi melalui internet dengan menggunakan mesin pencari/search engine seperti google, yahoo, alta vista, all the web.
Beberapa trik pencarian melalui google agar lebih efektif dan relevan, google memfasilitasi diri dengan bantuan filterisasi/penyaringan seperti:
1. Simbol matematika (tanda plus)
2. simbol matematika (tanda minus)
3. Tanda kutip (")
4. Tanda (~)
5. Operasi boolean (or)
Chatting merupakan salah satu aktivitas yang cukup populer di internet, mereka berkumpul dari berbagai suku, bangsa, benua, ras, umur dan jenis kelamin.
Terdapat banyak jenis program untuk chatting salah satunya adalah mIRC.
Untuk dapat saling berkomunikasi dengan teman satu hobi dan satu propesi, biasanya menggunakan suatu sarana yang disebut dengan mailing list yang merupakan satu kelompok diskusi di mana setiap orang berlangganan dan berpartisipasi di dalamnya.
B. PENGGUNAAN LAYANAN CHATTING UNTUK BERKOMUNIKASI
Bila ingin chatting menggunakan mIRC, kita harus menginstall program mIRC dikomputer
kita terlebih dahulu, dan dapat mendownloadnya terlebih dahulu dari website mIRC
(http://www.mirc.com/) secara gratis dan kemudian menginstallnya.
Mendownload installer mIRC dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
- Jalankan browser Internet Explorer.
- Di Address bar, masukkan alamat website mIRC (http://www.mirc.com/). Website mIRC
akan ditampilkan.
- Carilah teks link untuk mendownload installer mIRC. Kemudian klik teks link tersebut.
Kotak dialog untuk mendownload installer mIRC akan ditampilkan.
- Pilihlah folder tempat penyimpanan file installer mIRC, kemudian klik tombol Download.
Proses download akan dimulai. Tunggulah sampai file installer mIRC selesai didownload.
Setelah selesai mendownload installer mIRC, kita dapat menginstall program tersebut.
Langkah-langkah untuk menginstall mIRC adalah sebagai berikut :
> Carilah file installer mIRC yang sudah kita download.
> Klik dua kali di file tersebut. Kotak dialog intalasi akan ditampilkan.
> Klik tombol Next. Langkah selanjutnya akan ditampilkan.
> Di kotak dialog persetujuan, klik tombol Yes. Langkah selanjutnya akan ditampilkan.
> Langkah selanjutnya kita diminta menentukan folder tempat program mIRC akan diinstall.
Secara default, Mirc akan diinstall di c:/Program Files/mIRC. Jika kita ingin menginstall di
folder lain, klik tombol Browse dan ditentukan folder penginstallan. Jika tidak, klik tombol
Install.
> Proses
penginstallan mIRC akan ditampilkan. Tunggulah sampai proses penginstallan selesai.
> Jika proses penginstallan sudah selesai, klik tombol Finish.
> Sebuah jendela file-file mIRC akan ditampilkan.
C. PENGGUNAAN MAILING LIST DI YAHOOGROUPS UNTUK BERKOMUNIKASI
Untuk dapat saling berkomunikasi dengan teman-teman satu profesi, seperti yang telah dipaparkan biasanya mereka menggunakan sarana yang disebut Mailing List. Mailing list atau disingkat Milis merupakan suatu kelompok diskusi dimana setiap orang dapat berlangganan dan berpartisipasi di dalamnya. Dengan kata lain, mailing list adalah sebuah daftar alamat-alamat e-mail yang mempunyai kesukaan dan kepentingan yang sama.
1. Membuat Mailing List di Yahoogroups
Senin, 30 November 2009
BAB II
MENGGUNAKAN INTERNET UNTUK MEMPEROLEH INFORMASI
A.MENDESKRIPSIKAN PELAYANAN WORLD WIDE WEB ( WWW ) SEBAGAI SUMBER INFORMASI
TENTANG WWW
Sering disingkat sebagai WWW atau web saja, yakni sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain dipresentasikan dalam bentuk hypertext dan dapatdiakses oleh perangkat lunak yang disebut browser. Informasi di web pada umumnya ditulis dalam format HTML. Informasi lainnya disajikan dalam bentuk grafis (dalam format GIF, JPG, PNG), suara (dalam format AU, WAV), dan objek multimedia lainnya (sepertiMIDI, Shockwave, Quicktime Movie, 3D World). WWW dijalankan dalam server yang disebut HTTPD.
WWW Adalah fasilitas internet yang menghubungkandokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh. Dokumen Web disebut Web Page dan link dalam Web menyebabkan user bisa pindah dari satu page ke page lain (hyper text), baik antar page yang disimpan dalam server yang sama maupun server diseluruh dunia. Pages diakses dan dibaca melalui Web Browser sepertiNetscape Navigator atau Internet Explorer.
Web menjadi pusat kegiatan internet karena Web Pages yang berisi text dan grafik mudah diakses melalui Web Browser, Web menyediakan interface bagi jaringan informasi online terbesar di dunia, dan jumlah informasi ini terus bertambah dengan pesat.
Web juga menjadi sistem pengiriman multimedia, karenafitur browser dan browser plug-in extension yang terus bermunculan menyediakan peluang untuk suara, gambar, telepon, animasi 3D danvideoconferencing melalui Net.
Browser terbaru juga mengerti bahasa Java yang memungkinkan down load semua aplikasi untuk di-run secara lokal. Dasar format Web adalah dokumen text yang digabung dengan HTML yang bisa mengatur format page serta Hypertext Link (URL)ke page lain. Kode HTML yang umum adalah karakter alfanumerik yang dapat diketik dengan text editor atau world processor. Banyak program terbitan Web yang menyertakan interfage grafis untuk kreasi Web Page dan membuat kode dengan otomatis.
Banyak word processor dan program-program yang mengalihkan dokumen ke format HTML. Oleh karena itu Web Pages dapat dibuat oleh user tanpa harus mempelajari sistem pengkodean. Kemudahan kreasi membantu cepatnya pertumbuhan Web.
World Wide Web dirancang oleh tim Berners-Lee dan staf ahli di laboratorium CERN di Jenewa Swiss tahun 1991.
Sumber-sumber yang dimiliki internet :
SUMBER DAYA | KETERANGAN |
E-mail | Digunakan unutk melakukan pertukaransurat elektronik. |
Newsgroup | Forum diskusi. |
Mailing List | Kelompok diskusi dengan menggunakan surat elektronik. |
IRC (Internet Relay Chat) | Fasilitas yang memungkinkan pengguna melakukan dialog dalam bentuk bahasa tertulis secara interaktif. |
Telnet | Fasilitas yang memungkinkan pengguna melakukan koneksi (login) ke suatu system computer. |
FTP (File Transfer Protocol) | Sarana untuk melakukan transfer berkas dari computer local ke suatu computer lain atau sebaliknya. |
Gopher | Perangkat yang memungkinkan pengguna untuk menemukan informasi yang terdapat pada server gopher melalui menu yang bersifat hierarkis. |
Archie | Perangkat yang dapat digunakan untuk melakukan pencarian berkas pada situs FTP. |
Veronica (Very Easy Rodent Oriented Netwide Index to Computer Archives) | Merupakan kemampuan tambahan yang digunakan untuk melakukan pencarian dalam situs-situs gopher. |
WAIS (Wide Area Information Servers) | Perangkat yang digunakan untuk melakukan pencarian data pada internet yang dilakukan dengan menyebut nama basis data dan kata kunci yang dicari. |
WWW (World Wide Web) | Sistem yang memungkinkan pengaksesan informasi dalam internet melalui pendekatan hypertext. |
Internet dapat memberikan manfaat pada hampir semua bidang kehidupan, sebagai berikut :
Bidang Akademis
Dalam bidang ini bermanfaat untuk mencari macam-macam referensi, jurnal, maupun hasil penelitian yang dipublikasikan melalui internet tersedia dalam jumlah yang sangat banyak. Pengguna juga memungkinkan diadakannya kegiatan belajar jarak jauh, karena internet tidak mengenal batas geografis.
Bidang ekonomi dan bisnis
Kegiatan bisnis dapat dilakukan secara lintas negara diaman pelakunya tidaj perlu berpergian diaman rekan bisnisnyaberada. Hal ini karena adanya e-Commerce.
Bidang Keagamaan
Dalam bidang ini, internet digunakan sarana dakwah maupun dikusi keagamaan, mislanya Isnet, Parokinet telah lama beropersai dan memberikan manfaat yang besar terhadap umat agama masing-masing. Tidak hanya kegiatan tersebut, tetapi ada kegiatan pengumpulan zakat dan infak.
Bidang Sosial
Dalam bidang ini, internet memberikan banyak kesempatan bersosialisasi dengan siapa pun dan dimana pun dengan menggunakan e-mail mapun chat room sehingga terjalin komunikasi dengan biaya yang murah dan dalam waktu yang singkat.
Bidang Komunikasi
Dalam bidang ini, menghadirkan teknologi VoIP memberikan manfaat yang besar, yaitu pengguna telepon tidak perlu mengeluarkan biaya sambung internasional yang sangat mahal.
Bidang Hiburan
Dalam bidang ini, menyediakan banyak hiburan untuk pengguna seperti game, MP3 danmencari lagu-lagu favourite masa sekarang dengan biaya yang murah dan mudah.
Tetapi disamping banyak manfaat yang didapat, internet ini juga memliki efek negatif bagi para pengguna internet ini salah satunya yaitu pembajakn karya intelektual.
B.MENGGUNAKAN MENU DAN FASILITAS PADA WEB BROWSER UNTUK MENGAKSES WEBSITE
Terdapat 6 bagian informasi yang ditampilkan pada jendela browser yaitu :
Title Bar
Merupakan judul dari halaman web yang sedang dibuka yang terletak pada baris paling atas dari jendela browser.
Menu Bar
Berisi menu-menu utama yaitu, menu File, Edit, View dan yang lainnya.
Toolbar
Merupakan tombol-tombol standart yang sering digunakan pada saat browsing dan sebagai jalan pintas untuk mengakses menu-menu yang ada dalam bentuk button.
Address Bar
Berfungsi untuk menunjukan atau menuliskan alamt situs atau halamn web yang ingin ditampilkan.
Workspace
Merupakan ruang untuk menampilkan informasi dari halamn yang sedang kaumu kunjungi. Bagian ini juga terdapat untuk melakukan scrolling halaman.
Status Bar
Berfungsi untuk menampilkan status dari status web yang sedang kamu buka. Tulisan yang terdapat pada status bar dapat berubah sesuai kondisi.
C.MENDESKRIPSIKAN PENGERTIAN URL DAN HOMEPAGE
Homepage adalah halaman web yang langsung keluar ketika program browser dijalankan. Kebanyakan orang mengatur homepagena untuk email, chatting, atau situs yang sering dikunjungi secara berkala. Tentunya memudahkan pengguna browser untuk melihat situs yang ingin dan sering dilihat tanpa repot-repot mengetikan alamatnya. Biasanya situs berita seperti detik.com, ermuslim.com dan lainya menjadi konsumsi yang didahulukan dibanding mengakses situs lainya. Untuk itu ada untungnya kita mengatur homepage untuk situs tersebut. Saya akan coba memberikan langkah mengetru homepage pada browser Internet Eksplorer, Mozilla Firefox dan Opera.
URL
Layanan yang diberikan Internet sangatlah beragam, bukan hanya berupa akses ke halaman web yang ditulis dalam format HTML saja tetapi juga beberapa layanan akses dokumen melalui FTP, Gopher, Usenet News dan sebagainya. Karena layanan yang disediakan beragam maka jenis dokumen yang disediakan beragam pula. Untuk itu diperlukan satu cara tertentu untuk bisa mengakses suatu dokumen tertentu secara tepat dan cepat. URL diciptakan untuk menjawab permasalahan ini.
URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locators yang berarti suatu "pathname" untuk mengidentifikasi sebuah dokumen di web. Didalam URL terdapat informasi nama mesin/host (dalam hal ini komputer) yang akan diakses, nama dokumen beserta logical pathnamenya serta jenis protokol yang akan digunakan untuk melakukan akses ke web. Untuk lebih jelasnya ikuti beberapa contoh berikut :
Contoh 1 : http://www.ilmu komputer.com/buku/default.html#atas
· Bagian pertama adalah "http:",
Bagian pertama ini menunjukkan protokol yang digunakan untuk mengakses dokumen yang diinginkan. Protokol ini berfungsi untuk mengatur komunikasi antara komputer client (yang kita pakai saat ini) dengan komputer server (web server). Dalam contoh ini digunakan protokol HTTP (HyperText Transfer Protocol).
· Bagian kedua adalah "//www.ilmukomputer.com"
Bagian kedua menunjukkan lokasi mesin yang akan diakses dan yang menyediakan dokumen yang dibutuhkan.
· Bagian ketiga adalah "/buku/default.htm"
Bagian ini menunjukkan logical pathname di www.ilmukomputer.com yaitu letak dokumen itu berada. Logical pathname ini tediri ari dua bagian, bagian pertama adalah "/buku" yang berarti nama direktori tempat dokumen berada dan terakhir "/default.htm" adalah nama file/dokumen yang akan kita akses.
· Bagian keempat "#atas"
Bagian ini menunjukkan suatu lokasi tertentu dari sebuah dokumen html. Bagian ini disebut sebagai anchor name.
Contoh 2 : http://automation2.petra.ac.id/~webs/index.html
Bagian pertama dan kedua sama seperti penjelasan di atas.
"/~webs" adalah nama root direktori (html direktori) untuk user dengan nama "webs" di komputer automation2 di domain petra.ac.id.
D.MENDESKRIPSIKAN HYPERTEXT DAN HTML
1.ISTILAH HYPERTEXT
Istilah hypertext pertama kali dikemukakan oleh Ted Nelson pada tahun 1960-an (Carter, 1997; Jonassen, 1991 dalam Altun, 2000) sebagai suatu bentuk teks elektornik. Ia menjelaskan, hypertext adalah teks-teks tertulis non- sekuensial yang memiliki percabangan dan menyediakan pembaca berbagai pilihan, sebagai bacaan yang menarik pada layar interaktif. Dalam hypertext ini berbagai potongan (chunk) teks dihubungkan secara seri oleh links sehingga pembaca dapat menyusuri berbagai lintasan yang diinginkannya. Potongan- potongan teks ini disebut dengan nodes (simpul) (Miall, 1997). Berbeda dengan buku teks, hypertext dapat disajikan dengan menggabungkannya dengan berbagai media lain seperti vidio- klip, animasi, suara, gambar dan grafik. Karena sifatnya inilah kadang kala hypertext juga disebut hipermedia atau multimedia, walau- pun beberapa ahli mem- bedakannya. Secara umum dapat disimpulkan bahwa karakteristik dari hypertext adalah bersifat non-sekuensial (non- linier), ditampilkan dalam media elektronik, bisa digabungkan dengan berbagai media (multi- media), dan interaktif terhadap pembaca.
Pertanyaannya sekarang adalah apakah semua sistem hypertext dapat memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran? Spiro (1994) menjelaskan bahwa sistem hypertext bisa dibuat dengan berbagai cara, namun cukup alasan untuk meyakini bahwa sebahagain besar caar-cara tersebut tidak akan membuahkan hasil belajar yang baik. Ini disebabakan hypertext tersebut dapat saja membuat mahasiswa menjadi bingung. Mahasiswa akan tersesat dan “hilang” dalam link yang cabang- nya begitu banyak. Disamping itu karena tidak ada yang akan menghalangi pembaca dalam menautkan dua simpul informasi dan melanjutkannya dengan simpul-simpul lain, maka ada kemungkinan navi- gasi akan berakhir dengan sekumpulan informasi yang inkoheren (Briggs, 1992). Ini teru- tama terjadi pada hiper- teks besar, yang masih diperumit oleh hubungan nya dengan hipermedia lain. Misalnya, navigasi bisa berawal dengan dilatasi-waktu kemudian ke entropi dan/atau diteruskan keTime- Tunnel. Mahasiswa menda- patkan banyak informasi, namun bukan pengeta- huan karena struktur dalam informasi terabaikan akibat navigasi yang kurang terarah.Oleh karena itu yang dibutuh- kan adalah sitem hypertext yang mudah ter jangkau (accessible).
Menyajikan materi-subjek dalam berbagai links dan pilihan memberikan fleksibilitas kepada pembaca untuk menyusun ulang materi sesuai dengan yang diinginkannya. Pada hypertext mahasiswa bukan hanya sebagai pembaca akan tetapi sekaligus kreator bahan bacaannya. Pembacalah yang akan menentukan urutan dari teks, yang berarti sekaligus menentukan konteks dari bacaannya. Memang benar bahwa materi-subjek yang akan dihadapi mahasiswa sudah tersedia dalam sistem yang ada akan tetapi karena ia begitu luas dan banyak pilihan, maka terbuka peluang-peluang kombinasi dalam menentukan urutan teks. Jika pada kuku teks, mahasiswa tinggal membaca teks yang sudah disusun oleh pengarang, namun pada hypertext mahasiswa sekaligus “pengarang” terhadap teks bacaannya. Sesungguhnya, ditinjau dari bagaimana mahasiswa belajar (walaupun sistem hypertext harus dibuat agar tidak membingungkan pembaca), mahasiswalah yang bertanggung jawab terhadap teks bacaannya.
Analoginya adalah, teks-teks pada hypertext adalah bata bahan dasar bangunan, sistem hypertext adalah semennya, dan urutan sekuensial yang dibuat siswa adalah bangunnya. Orang yang bertanggung jawab terhadap bangunan adalah yang membuatnya, dalam hal ini adalah mahasiswa. Pabrik bata dan semen hanya bertanggung jawab terhadap barang-barang yang diproduksinya, bukan bangunan yang terbentuk.
Apa sebenarnya arti itu semua? Hypertext bisa digunakan sebagai salah satu sarana yang memberi kesempatan kepada pembelajar untuk “membangun” pengetahuannya sendiri. Selama berintraksi dengan hypertext pembelajar terus berlatih menghubung-hubungkan konsep yang relevan.Mahasiswa dilatih mempergunakan kognisinya untuk mengorganisasikan informasi-informasi menurut kebutuhannya sebelum digunakan atau diterapkan pada tugas yang dihadapi menurut konteksnya. Hal seperti ini hampir tidak bisa ditemukan pada teks sekuensial seperti pada buku-buku teks.Disamping itu karena dalam hipertkes pembaca senadiri yang menentukan penavigasian terhadap konten sesuai dengan pemahamannya, maka sebenarnya dalam melaksanakan tugasnya pembaca sekaligus menjadi “penyususn” dokumen yang akan dibaca saat membacanya.
Menurut Spiro (1994), kondisi seperti ini dapat mengembangkan intelegensi pembaca melebihi ketika berhadapan dengan teks-sekuensial biasa. Lebih jauh, dari segi pengajaran, lingkungan belajar hypertext dapat dikelola untuk menye- diakan pengajaran yang mampu mengembangkancognitive flexibility. Hypertext menyediakan ruang fleksibilitas kepada pembaca ketim- bang buku-buku teks (Foltz, 1996). Altun (2000) mengemukakan pada saat membaca teks pada layar sambil menyusuri link yang ada, pembaca melakukan ak- tifitas kognisi yang kom- pleks dengan melibatkan berbagai stategi yang mungkin. Jika proses seperti ini secara terus menerus dilakukan tentu saja dapat meningkatkan dan memapankan kemampuan cognitive fleksibility pembelajar yang merupakan kondisi yang dituntut untuk penguasaan pengetahaun lanjut (Siregar, 2002). Mahasiswa akan mengem- bangkan pola-pola terte- ntu dalam pikirannya yang bisa menuntunnya dalam mengambil kepu- tusan dalam kerumitan persoalan yang dihadapi.
Instruksi dengan hypertext juga membiasakan mahasiswa melihat keluesan mater-subjek. Dengan menghubungkan materi kepada berbagai media dan menampilkannya dalam berbagai bentuk representasi akan memperkaya persepsi mahasiswa terhadap materi tersebut. Pernyataan seperti ini tidaklah sulit diterima karena semakin sering brinteraksi dengan suatu objek dalam berbagai situasi yang berbeda maka akan semakin lengkap atribut skema kita tentang objek tersebut, sehingga akan semakin mampu kita melihat ke-fleksibel-an dari objek atau materi-subjek tersebut. Hal seperti ini perlu untuk tujuan pembelajaran lanjut dimana mahasiswa dituntut sercara luas menerpakan pengetahuannya pada situasi yang berbeda. Spiro (1994) mengemukakan bahwa pengetahuan yang akan dipergunakan dalam berbagai kasus harus diorganisasikan, diajarkan dan direpresentasikan dalam bebagai bentuk. Lebih jauh ia mengatakan, penyebab utama kegagalan pembelajaran lanjut adalah adanya oversimplifikasi, dan salah satu bentuk oversimplifiksi yang menonjol adalah melihat suatu konsep atau fenomena ataupun kasus dari satu sudut pandang saja. Ini jelas akan memiskinkan pemahaman terhadap konsep dan menyebabkan konsep tersebut hanya terterapkan pada situasi yang terbatas.
2.HYPERTEXT MARKUP LANGUAGE (HTML)
Halaman web adalah sebuah dokumen HTML, artinya, untuk menulis sebuah halaman web digunakan HTML (HyperText Markup Language), yaitu suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu (disebut sebagai Tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan secara benar. Dokumen HTML sebenarnya hanya berupa dokumen teks biasa (tujuannya agar dapat dengan mudah dipindah-pindahkan antar berbagai platform), namun kelebihannya dari dokumen yang lain adalah: dengan HTML dapat dilakukan pemformatan teks, peletakan gambar, suara dan elemen-elemen multimedia yang lain, dan yang terpenting adalah hypertext, yakni teks yang berfungsi sebagai suatu penghubung (hyperlink atau link) antara halaman web yang satu dengan halaman web lainnya. Link-link inilah yang menjadi ciri khas dan sekaligus membentuk World Wide Web, yaitu jaringan halaman-halaman web yang saling terhubung satu sama lain. Halaman web dapat berisikan bebagai jenis seperti text, grapis, form, audio dan video serta game interaktif. Setiap website berbeda, tetapi kebanyakan dari mereka mempunyai satu hal yang umum : Hypertext Markup language(HTML).
HTML dikembangkan akhir tahun 1980-an dan awal tahun 1990-an untuk mengambarkan halaman web. HTML sekarang terdiri dari beberapa deskripsi standar (spesifikasi) dari World Widw World Consortium(W3C). Spesifikasi HTML terakhir di selesaikan tahun 1999. Dokumen resmi yang menjelaskan HTML dan XHTML terdapat di website W3C di http://www.w3c.org.Bahasa Markup biasanya terdiri dari beberapa versi untuk mengidentifikasi mereka. Versi yang masih berlaku adalah 4.01 ,terdaftar sejak Desember 1997, dapat dilihat di http://www.w3c.org/TR/html14.
Instruksi dalam HTML memperbolehkan text untuk menunjuk(point) ke sesuatu.bebrapa pointer disebut hyperlinks.Hyperlinks adalah perekat yang menjaga dunia web menjadi satu. Dalam web browser anda, hyperlinks biasanya muncul warna biru dan digaris bawah.ketika anda klik, itu mengarah ketujuan yang dimaksud. Hypertext atau bukan ,sebuah halaman web adalah file text. Anda dapat membuat dan mengedit sebuah halaman web dalam berbagai applikasi yang dibuat untuk text.Ketika anda memulai dengan HTML, sebuah text editor adalah alat yang bagus untuk digunakan.
Kebanyakan dari web yang mempunyai nilai berasal dari kemampuan untuk menunjuk halaman atau sumber lain (seperti image, file download, presentasi yang berupa media) dalam halaman web yang sama atau web lain.Contohnya,FirstGov (www.firstgov.gov) adalah website gateway yang berfungsi menjual akses untuk halaman web lainnya.
E.MENGENAL BEBERAPA SITUS YANG MENYEDIAKAN FASILITAS SEARCH ENGINE
SEARCH ENGINES REVIEW
Untuk mendapatkan informasi secara cepat dan akurat melalui halaman internet, saat ini telah dikembang-
Namun pada prinsipnya semua mesin pencari (search engines) mempunyai fungsi sama yaitu mencari serta menganalisis semua halaman WEB, kemudian membuat indeks kata bersama dengan daftar URL , halaman dan tempat dimana “kata kunci” yang dicari dapat ditemukan.
Adapun beberapa search engines yang populer dan sering dimanfaatkan antara lain.
Alta Vista http://www.altavista.com/
Alta Vista merupakan salah satu search engines yang sangat cepat dan memiliki cakupan luas serta mampu melakukan pencarian dokumen full-text di WEB dan artikel-artikel Usenet. Pencarian artikel atau dokumen dapat dilakukan dengan kata kunci, frase kunci atau berupa pertanyaan dibantu dengan operator “boolean” (AND,OR, AND NOT, NEAR).
Kelebihan lain dari altavista yang tidak dimiliki oleh search engine lain, adalah adanya fasilitas “spelling checker” yang secara otomatis dapat menginformasikan keyword pencarian yang salah dan membetulkannya tanpa melakukan pencarian ulang. Fasilitas “translate” dari beberapa bahasa ke bahasa yang lain, baik dokumen dari hasil penelusuran maupun dokumen pribadi,menjadikan altavista search engine yang inovatif, dan favorit.
Excite http://www.excite.com/
Keistimewaan Excite adalah pilihan menu yang ditawarkan cukup lengkap dengan sistem indeks yang cukup baik. Excite merupakan search engine yang cukup baik untuk mengetahui berita-berita terbaru dari beberapa sumber seperti Reuters dengan menu barunya yang disebut “Today on Excite” walaupun tidak tergolong excellent. Search engine ini baik bagi pemula karena fasilitas pencariannya yang mudah dan sederhana. Selain itu, excite juga dilengkapi dengan fasilitas “chatting”, “business news”, “sport news” dan lain-lain.
Yahoo http://www.yahoo.com
Yahoo pantas mendapat sebutan sebagai sarana pencarian paling populer saat ini karena selain cukup cepat aksesnya juga didukung oleh data yang sangat besar. Subject yang ditampilkan pada tampilan mukanya secara alphabetis sangat membantu khususnya bagi pemula , dengan pilihan-pilihan kategori yang sangat lengkap dan detil. Selain penggunaan search engines, Yahoo juga menawarkan menu “current news”, “stock quotes”, “sport score”, “yellow pages” dan “citymaps” . Karena begitu beragamnya informasi yang dapat diperoleh melalui Yahoo, sehingga site ini banyak dimanfaatkan pengguna jasa internet mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.
Lycos http://www.lycos.com
Lycos merupakan “general search engine” yang bagus dengan fasilitaspencarian yang mudah dan sederhana serta dilengkapi pula dengan direktori. Kelebihan dari search engine ini adalah adanya fasilitas “search guard” yang dapat memproteksi data-data pornografi sehingga search engine ini aman bagi anak-anak.
F.MENGGUNAKAN SEARCH EGINE DALAM MENGAKSES INFORMASI DARI INTERNET
Mesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalamkomputer, misalnya dalam sebuah server umum di web (WWW) atau dalam komputer sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik (biasanya yang berisi kata atau frasa yang kita tentukan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut. Mesin pencari biasanya menggunakan indeks (yang sudah dibuat sebelumnya dan dimutakhirkan secara teratur) untuk mencari file setelah pengguna memasukkan kriteria pencarian.
Dalam konteks Internet, mesin pencari biasanya merujuk kepada WWW dan bukan protokol ataupun area lainnya. Selain itu, mesin pencari mengumpulkan data yang tersedia di newsgroup, database besar, atau direktori terbuka seperti DMOZ.org. Karenapengumpulan datanya dilakukan secara otomatis, mesin pencari berbeda dengan direktori Web yang dikerjakan manusia.
Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan database tertutup - yang paling populer adalah Google (MSN Search dan Yahoo!tertinggal sedikit di belakang). Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber-terbuka (open-source), contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS.
CARA KERJA MESIN PENCARI
Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan informasi tentang banyak halaman web, yang diambil langsung dari WWW. Halaman-halaman ini diambil dengan web crawler — browser web otomatis yang mengikuti setiap pranala yang dilihatnya. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya (misalnya, kata-kata diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag). Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari, seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu sendiri.
Ketika seorang pengguna mengunjungi mesin pencari dan memasukkan query, biasanya dengan memasukkan kata kunci, mesin mencari indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya, biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan terkadang sebagian teksnya.
Manfaat mesin pencari bergantung pada relevansi hasil-hasil yang diberikannya. Meskipun mungkin ada jutaan halaman web yang mengandung suatu kata atau frase, sebagian halaman mungkin lebih relevan, populer, atau autoritatif daripada yang lain. Kebanyakan mesin pencari menggunakan berbagai metode untuk menentukanperingkat hasil pencarian agar mampu memberikan hasil "terbaik" lebih dahulu. Cara mesin menentukan halaman mana yang paling sesuai, dan urutan halaman-halaman itu diperlihatkan, sangat bervariasi. Metode-metodenya juga berubah seiring waktu dengan berubahnya penggunaan internet dan berevolusinya teknik-teknik baru.
Sebagian besar mesin pencari web adalah usaha komersial yang didukung pemasukan iklan dan karenanya sebagian menjalankan praktik kontroversial, yaitu membolehkan pengiklan membayar agar halaman mereka diberi peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.
BEBERAPA TIPS MENCARI DENGAN MENGGUNAKAN MESIN PENCARI
filetype:
Option ini digunakan untuk mencari tipe file tertentu. Contoh: filetype:xls -> untuk mencari file MS Excel filetype:doc -> untuk mencari file MS Word
inurl:
Option ini digunakan untuk mencari kata tertentu yang "masuk" sebagai url. Dengan option ini Anda dapat melakukan pencarian pada pencarian folder tertentu (jika dikombinasikan dengan option "index of"). Contoh: inurl:admin -> pencarian ini menghasilkan url website yang mempunyai kata "admin"
site:
Option ini secara spesifik digunakan untuk melakukan pencarian pada situs tertentu. Contoh: site:torry.net "xp style" --> mencari dengan keyword "xp style" pada situs www.torry.net
intitle:
Option ini digunakan untuk mencari kata tertentu yang terdapat pada title dari halaman web.
link:
Option ini digunakan untuk mengetahui situs mana saja yang nge-link ke situs tertentu. Contoh: link:delphi3000.com --> mencari situs yang mempunyai link ke www.delphi3000.com
Anda dapat mengkombinasikan berbagai option di atas untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih spesifik. Contoh: pdf "rapidshare.de/files" site:rapidshare.de --> untuk mencari buku atau file pdf di rapidshare.de
+inurl:exe|rar|zip site:rapidshare.de --> untuk mencari program, aplikasi di rapidshare.de
Anda dapat mengganti site:rapidshare.de menjadi site:megaupload.com untuk mencari file di MegaUpload
SEJARAH
Mesin pencari pertama adalah "Wandex", yang sekarang index yang tidak berfungsi dari World Wide Web Wanderer, suatu web crawler dibangun oleh Matthew Gray di MIT pada 1993. Mesin pencari lain yang lama, Aliweb, juga muncul di 1993 dan masih berjalan hingga saat ini. Salah satu mesin pencari pertama yang sekarang berkembang menjadi usaha komersial yang cukup besar adalah Lycos, yang dimulai di Carnegie Mellon University sebagai proyek riset di tahun 1994.
Segera sesudah itu, banyak mesin pencari yang bermunculan dan bersaing memperebutkan popularitas. Termasuk di antaranya adalahWebCrawler, Hotbot, Excite, Infoseek, Inktomi, dan AltaVista. Mereka bersaing dengan direktori-direktori populer seperti misalnyaYahoo. Belakangan direktori-direktori ini menggabungkan atau menambahkan teknologi mesin pencari agar fungsinya semakin meningkat.
Pada tahun 2002, Yahoo! mengakuisisi Inktomi dan pada 2003, mengakuisisi Overture yang memiliki AlltheWeb dan Altavista. Tahun 2004, Yahoo! meluncurkan mesin pencarinya sndiri yang didasarkan pada teknologi gabungan dari mesin-mesin yang telah diakuisisinya dan memberikan pelayanan yang mengutamakan mesin pencari Web daripada direktorinya.
Pada Desember 2003, Orase menerbitkan versi pertama dari teknologi pencari waktu-riilnya. Mesin ini memiliki banyak fungsi baru dan performancenya meningkat sangat hebat.
Mesin pencari juga dikenal sebagai bintang-bintang yang paling cemerlang dalam perlombaan investasi Internet yang terjadi pada akhir tahun 1990-an. Beberapa perusahaan masuk ke dalam pasar dengan hebat, mencatat keuntungan besar pada penawaran publik pertamanya. Sebagian lagi sama sekali menyingkirkan mesin pencari publiknya, dan hanya memasarkan edisi-edisi Enterprise saja, seperti misalnya Northern Light yang dulunya adalah salah satu dari 8 atau 9 mesin pencari awal setelah Lycos muncul.
Sebelum munculnya Web, ada pula mesin-mesin pencari untuk [protokol]] atau penggunaan lain, seperti misalnya Archie search engine untuk situs-situs FTP anonim dan Veronica search engineuntuk Gopher protocol.
Buku Osmar R. Zaïane From Resource Discovery to Knowledge Discovery on the Internet menjelaskan secara rinci sejarahteknologi mesin pencari sebelum munculnya Google.
Mesin-mesin pencari lainnya mencakup a9.com, AlltheWeb, Ask Jeeves, Clusty, Gigablast, Teoma, Wisenut, GoHook, Kartoo, danVivisimo.
Google
Sekitar tahun 2001, mesin pencari Google berkembang lebih besar. Keberhasilan ini didasarkan pada bagian konsep dasar dari link popularity dan PageRank. Setiap halaman diurutkan berdasarkan seberapa banyak situs yang terkait, dari sebuah premis bahwa situs yang diinginkan pasti lebih banyak terkoneksi daripada yang lain. Rangking situs (The PageRank)dari sebuah link halaman dan jumlah link dari halaman-halaman tersebut merupakan masukan bagi Rangking situs yang bersangkutan. Hal ini memungkinkan bagi Google untuk mengurutkan hasilnya berdasarkan seberapa banyak halaman situs yang menuju ke halaman yang ditemukannya. User interface Google sangat disukai oleh pengguna, dan hal ini berkembang ke para pesaingnya.
G.MENGELOLA INFORMASI YANG DIPEROLEH
Menyimpan informasi
Jika kamu tertarik untuk mengambil informasi pada halaman web yang kamu buka, kamu dapat menyimpannya ke dalam disket, harddisk, atau flashdisk, sehingga kamu dapat membukanya di lain waktu tanpa harus terhubung dengan internet(online). Hal ini dapat menghemat biaya yang harus kamu eluarkan untuk mendapatkan informasi. Format penyimpanan dapat menggunakan format html, mengkopi kemudian dipindahkan ke dokumen Microsoft Eord atau langsung dicetak.
Cara untuk menyimpan halaman web :
1. Aktifkan web browser pada haaman yang kamu sukai. Misalnya bika halaman situs Ilmu Komputer. Ketikwww.ilmukomputer.com kemudian akan muncul tampilan awal situs tersebut.
2. Setelah tampilan muncul secara utuh . klik File pada pull-down menu, pilih Save As.
3. Selanjutnya akan muncul kotak dialog Sanve Web Page, tentukan dimana file tersebut akan disimpan dan juga nama file-nya.
4. Pilih tombol save untuk melakukan penyimpanan. Dengan demikian, proses pengambilan dan penyimpanan halaman web selesai.
Terdapat juga berbagai jenis penyimpana yang disediakan, yaitu sebagai berikut :
1. Web Page Complete (*.html, *.html)
Fasilitas ini digunakan untuk menyimpan halaman web secara lengkap. Jika terdapat gambar atau animasi pada halaman tersebut maka senuanya akan disimpan. Halaman tersebut akan disimpan dalam beberapa dokumen, sesuai dengan file-file yang terdapat pada halaman tersebut. Misalnya, file html, gambar, dan file lainnya. Khusus untuk file pendukung, seperti file animasi dan gambar-gambar akan dipisahke dalam satu direktori sendiri.
2. Web Archive, Single File(*.mht)
Fasilitas ini digunakan untuk menyimpan halaman secara lengkap dalam satu kesatuan file dengan extension *.mht. File html, gambar, dan animasi disimpan dalam satu file tersebut.
3. Web Page, HTML Only (*.htm,*.html)
Fasilitas ini digunakan hanya untuk menyimpaan file html. Sedangkan, file pendukung, seperti gambar-gambar beserta animasi dan lain-lainnya tidak ikut disimpan.
Mencetak Informasi
Apabila ingin menceta halaman tersebut, lakukan langkah-langkah dibawah ini :
1. Klik menu File
2. Klik Print, maka akan tampak kotak doalig Print
3. Selanjutnya pilih jenis printer yang terpasang, kemudian klik tombol Print
H.MELAKUKAN DOWNLOAD FILE DAN MENETUKAN LOKASI PENYIMPANAN
Download adalah suatu pengambilan file dari komputer lain melalui internet ke komputermu. File tersebut memiliki bermacam-macam bentuk, seperti dokumen dari Microsoft Word yang berekstensi .doc, dokumen gambar dengan ekstensi .jpg dan .bmp, serta dokumen Acrobat Reader yang berekstensi .pdf.
Untuk melakukan download, dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :
1. Buka browser kamu, lalu buka halan web www.ilmukomputer.com, kemudian plih salah satu topic. Misalnya Cepat Mahir Linux.
2. Selanjutnya pilih Download Makalah Lengkap dalam bentuk PDF, contoh romi –linux.zip
3. Secara otomatis akan muncul jendela konfirmasi untuk melakukan download terhadap file tersebut
4. Klik tobol Save untuk mulai men-download file instalasi tersebut. Ketika muncul jendela Save As
5. Ketika muncul jendela progress download, tunggu beberapa saat sampai proses download selesai
I.MENGIDENTIFIKASIKAN ELEMEN-ELEMEN DALAM DOKUMEN HTML
MENGENAL PERANGKAT KERAS DAN PENYEDIA LAYANAN YANG DIGUNAKAN DALAM AKSES INTERNET
A. KONSEP INTERNET
Secara harfiah, internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking
1. Sejarah Internet
Sebelum terdapat Internet, ARPAnet (US Defense Advanced Research Projects Agency) atau Departemen Pertahanan Amerika pada tahun 1969 membuat jaringan komputer yang tersebar untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat dengan mudah dihancurkan. Jadi, apabila satu bagian dari sambungan network terganggu oleh serangan musuh, jalur yang melalui smbungan itu secara otomatis dipindahkan ke sambungan lainnya. Setelah itu, Internet digunakan oleh kalangan akademis (UCLA) untuk keperluan penelitian dan pengembangan teknologi.Selanjutnya, pemerintah Amerika Serikat memberikan izin ke arah komersial pada awal tahun 1990.
Tahun Kejadian
1957
Uni Sovyet (sekarang Rusia) meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik.
1958
Sebagai buntut dari "kekalahan" Amerika Serikat dalam meluncurkan wahana luar angkasa, dibentuklah sebuah badan di dalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advanced Research Projects Agency (ARPA), yang bertujuan agar Amerika Serikat mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi negara tersebut. Salah satu sasarannya adalah teknologikomputer.
1962
J.C.R. Licklider menulis sebuah tulisan mengenai sebuah visi di mana komputer-komputer dapat saling dihubungkan antara satu dengan lainnya secara global agar setiap komputer tersebut mampu menawarkan akses terhadap program dan juga data. Di tahun ini juga RAND Corporation memulai riset terhadap ide ini (jaringan komputer terdistribusi), yang ditujukan untuk tujuan militer.
Awal 1960-an Teori mengenai packet-switching dapat diimplementasikan dalam dunia nyata.
Pertengahan 1960-an ARPA mengembangkan ARPANET untuk mempromosikan "Cooperative Networking of Time-sharing Computers", dengan hanya empat buah host komputer yang dapat dihubungkan hingga tahun 1969, yakni Stanford Research Institute, University of California, Los Angeles, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah.
1965
Istilah "Hypertext" dikeluarkan oleh Ted Nelson.
1968
Jaringan Tymnet dibuat.
1971
Anggota jaringan ARPANET bertambah menjadi 23 buah node komputer, yang terdiri atas komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas.
1972
Sebuah kelompok kerja yang disebut dengan International Network Working Group (INWG) dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar untuk jaringan komputer, termasuk di antaranya adalah Internet. Pembicara pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yang kemudian disebut sebagai "Bapak Internet"
1972-1974
Beberapa layanan basis data komersial seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, dan lainnya, mendaftarkan dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial-up.
1973
ARPANET ke luar Amerika Serikat: pada tahun ini, anggota ARPANET bertambah lagi dengan masuknya beberapa universitas di luar Amerika Serikat yakni University College of London dari Inggris dan Royal Radar Establishment di Norwegia.
1974
Vint Cerf dan Bob Kahn mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel "A Protocol for Packet Network Interconnection".
1974
Bolt, Beranet & Newman (BBN), pontraktor untuk ARPANET, membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang mereka sebut sebagai Telenet, yang merupakan layanan paket data publik pertama.
1977
Sudah ada 111 buah komputer yang telah terhubung ke ARPANET.
1978
Protokol TCP dipecah menjadi dua bagian, yakni Transmission Control Protocol dan Internet Protocol (TCP/IP).
1979
Grup diskusi Usenet pertama dibuat oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, alumni dari Duke University dan University of North Carolina Amerika Serikat. Setelah itu, penggunaan Usenet pun meningkat secara drastis.
Di tahun ini pula, emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie.
Awal 1980-an Komputer pribadi (PC) mewabah, dan menjadi bagian dari banyak hidup manusia.
Tahun ini tercatat ARPANET telah memiliki anggota hingga 213 host yang terhubung.
Layanan BITNET (Because It's Time Network) dimulai, dengan menyediakan layanan e-mail, mailing list, dan juga File Transfer Protocol (FTP).
CSNET (Computer Science Network) pun dibangun pada tahun ini oleh para ilmuwan dan pakar pada bidang ilmu komputer dari Purdue University, University of Washington, RAND Corporation, dan BBN, dengan dukungan dari National Science Foundation (NSF). Jaringan ini menyediakan layanan e-mail dan beberapa layanan lainnya kepada para ilmuwan tersebut tanpa harus mengakses ARPANET.
1982 Istilah "Internet" pertama kali digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut.
Name server mulai dikembangkan, sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut.
Tahun ini tercatat ada lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke Internet.
1986 Diperkenalkan sistem nama domain, yang sekarang dikenal dengan DNS(Domain Name System)yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer.
2. Prinsip Koneksi
Prinsip koneksi internet adalah satu komputer dapat terhubung dengan komputer lainnya jika komputer tersebut berada didalam satu jaringan dengan komputer lainnya. Jaringan tersebut disebut dengan network.
3. Kegunaan Internet
Banyak kegunaan Internet yang menguntungkan dalam semua bidang, antar lain sebagai berikut:
a) . Penggunaan mail elektronik sebagai komunikasi yang mudah dan pantas
Di mana pesan elektronik boleh dihantar dan diterima kepada atau daripada sesiapa sahaja. Setiap orang masing-masing mempunyai alamat e-mailnya yang tersendiri. Ini bertujuan untuk memudahkan peng-update-an pesan di kalangan mereka seperti mana penggunaan surat-menyurat. E-mail juga hampir sama dengan surat biasa yang mengandungi alamat, nama dan isi kandungan. Yang membedakannya ialah dari segi pengiriman e-mail tersebut adalah jauh lebih pantas dan ekonomi berbanding yang lain dan proses tersebut berlaku dalam setengah saat saja (mengikut kajian). Email ini juga boleh digunakan untuk menghantar lampiran secara bersama. Antara domain yang ditawarkan di internet adalah seperti Yahoo, Hotmail dan sebagainya.
b) . Perbincangan di IRC
IRC atau Internet Relay Chat adalah suatu yang cukup digemari dalam internet sejak belakangan ini. Pengguna boleh berinteraksi sesama mereka dalam hubungan tersebut dengan hanya menggunakan keyboard bagaikan bercakap di dalam telepon. Ini adalah jauh lebih ekonomi daripada penggunaan telepon. Ketika ber’IRC’ ini, anda akan berada di dalam sebuah ruang bicara (chatroom), terdapat pelbagai ruang-ruang yang mempunyai nama-nama yang unik. Di sinilah anda akan dapat berkomunikasi secara ‘on-line’ mengenai topik yang diwar-warkan. Antaranya ‘Small Business’, ‘Business Law’, ‘Rule And Accounting’ dan banyak lagi. Ruang-ruang tersebut membolehkan anda berhubung secara terus dengan pakar-pakar dalam bidang-bidang tertentu dari seluruh dunia..
c) . Sumber Pencarian
Pelbagai maklumat akan dapat diakses di mana-mana saja di merata dunia. Pengguna internet dapat pergi ke lokasi mana-mana saja yang diinginkan maklumatnya sama dalam bidang pendidikan, perdagangan, dan lain-lain. Pengguna boleh menggunakan mesin pencari yang banyak terdapat di internet untuk mendapatkannya. Yang penting, urutan yang hendak dicari ditentukan, manakala mesin pencari tersebut akan menentukan mana-mana pelayan yang disambung. Keputusan pencarian akan memaparkan nama file, ukuran, tanggal penciptaan, lokasi dan host komputer di mana data tersebut berada. Setelah pengguna ini mengetahuinya, FTP (File Transfer Protocol) digunakan untuk memindahkan file tersebut. Protokol ini membenarkan sambungan rangkaian ke komputer lain dan seterusnya memindahkan file, sekelompok file atau keseluruhannya juga boleh memindah pelbagai jenis file termasuk aplikasi, teks, grafik, audio, video, multimedia dan lain-lain.
d) . Kumpulan Diskusi
Kumpulan diskusi atau lebih dikenali sebagai newsgroup ialah proses pertukaran ide di kalangan pengguna internet dari seluruh dunia. Melalui internet ini, ada akan dapat melibatkan diri secara aktif atau sebaliknya dalam perbincangan-perbincangan di seluruh dunia.
e) . Pendidikan Global
Pelajar sekolah atau pelajar di Institut atau Perguruan Tinggi, dapat memperoleh maklumat yang diinginkan melalui akses ke internet di mana-mana saja lokasi-lokasi pendidikan atau agensi-agensi tertentu. Misalnya, seorang pelajar Malaysia boleh mendapat maklumat sesuatu proyek yang dibuat oleh pelajar universiti di Amerika Syarikat. Manakala pelajar yang ingin melanjutkan pelajaran ke luar negeri boleh mendapatkan maklumat mengenai syarat masuk di dalam internet. Dan guru pula boleh menjelajah ke seluruh dunia untuk bertukar pendapat dengan sekolah-sekolah lain di seluruh dunia melalui e-mail. Perpustakaan elektronik juga dapat membantu mereka dalam membuat sesuatu penyelidikan. Berbagai masalah dapat diselesaikan dan berbagai maklumat dapat diperolehi dengan lebih mudah, pantas dan berkesan jika dibanding dengan penggunaan faks.
f) . Memajukan Perniagaan
Internet membantu menumbuhkan perdagangan global. Internet memberi satu alat yang sempurna untuk membantu syarikat-syarikat ini mengendalikan perniagaan tanpa mendirikan syarikat mereka di sesebuah negara itu. Halaman web syarikat dibina dan digunakan untuk menyampaikan masalah pedagangan kepada umum. Ia boleh menjadi inti untuk maklumat asas mengenai produk-produk mereka, menjelaskan visi-visi strategi sesuatu korporat. Pembeli dapat memilih produk yang ditawarkan pada web tersebut.
g) . Perdagangan Elektronik ( Electronic Commerce ( EC ) )
Banyak pedagang menggunakan web sebagai komunikasi ‘on-line’ yang cepat dan selamat untuk berhubungan dengan para rekan niaga dan para pembekal, dan juga membolehkan pelanggan-pelanggan memesan produk-produk mereka melalui internet. Pengusaha-pengusaha boleh memudahkan kerja mereka dengan memesan melalui internet.
h) . Menanam Modal
Para broker saham boleh mengakses maklumat sesuatu perniagaan untuk bursa-bursa saham melalui internet. Dari lokasi tersebut, para penanam akan mendapat prospektus yang cukup jelas mengenai sesuatu syarikat.
i) . Pemanfaatan Video
Penggunaan video ialah suatu kegiatan di mana pengguna boleh berhubung dengan siapa saja di seluruh dunia melalui kamera video digital dan mikrofon yang disambung kepada komputer peribadi melalui koneksi internet. Ini lebih ekonomis dan hemat untuk ke sesuatu tempat.
4. Pertumbuhan Internet
Pertumbuhan Internet saat ini cukup pesat. Dari data statistik, diperoleh data sebagai berikut:
a. 3 juta host sudah terkoneksi diakhir tahun 1994.
b. Populasi 30 juta pengguna (tahun 1995).
c. Pertumbuhan 10 % tiap bulan.
d. 100 juta pengguna pada tahun 1998, diperkirakan pada tahun 2010 semua orang akan terhubung ke Internet.
e. E-mail mendominasi 75% hubungan bisnis.
B. MENDESKRIPSIKAN FUNGSI PERANGKAT KERAS YANG DIGUNAKAN UNTUK AKSES INTERNET
1. Perangkat Komputer Pribadi (Personal Computer)
Perangkat keras yang paling utama digunakan untuk koneksi internet adalah seperangkat komputer dengan spesifikasi tertentu yang mendukung untuk akses internet.
2. Modem (modulator Demodulator)
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepondan radio.
Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.
Singkatan dari Modulator dan demodulator. Modem berfungsi untuk memasukkan sinyal informasi ke gelombang pembawa; Sebaliknya demodulator mengambil kembali sinyal informasi dari sinyal gabungan. Modem terbagi atas: 1. Amplitude Modulation ( AM ), yaitu rangkaian elektronik yang mengubah amplitude gelombang pembawa sesuai dengan amplitude sinyal informasi. 2. Frequency Modulation ( FM ), yaitu rangkaian elektronik yang mengubah frequency gelombang pembawa sesuai dengan perubahan frequency sinyal informasi. 3. Pulse Modulation ( PM ), yaitu system modulasi pulsa4. Digital Modulation,
2. Saluran Telepon
Saluran TeleponTelepon rumah juga merupakan saran yang penting untuk dapat menghubungkan komputer dengan internet. Saluran telepon dapat digunakan untuk menghubungkan komputer dengan Internet dengan cara dial-up.
3. Perangkat Lunak (Software)
Terdapat beberapa software yang dapat digunakan untuk mengakses Internet, antara lain Internet Explorer dan Mozilla firefox.
4. Internet Service Provider (ISP)
Untuk berlangganan Internet, kita harus menghubungi penyedia jasa Internet (provider) yang terdapat di kotamu.
C. MENDESKRIPSIKAN PERAN INTERNET SERVICE PROVIDER
Internet Service Provider adalah suatu perusahaan yang berperan menyediakan jasa layanan akses internet melalui kabel telepon yang didukung oleh modem.
Terdapat beberapa cara mengakses internet :
1. Dial-up
Dial-up connection atau dial-up saja adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada akses Internet dengan menggunakan jalur telepon tetap atau telepon bergerak. Pertama-tama, komputer melalui modem melakukan pemanggilan telepon (dial-up) kePenyelenggara Jasa Internet. Setelah terhubung maka komputer dapat segera mengakses Internet dan kemudian mengakhiri koneksi dengan memutuskan hubungan telepon.
Masih banyak orang yang mempergunakan layanan Dial-up ini disebabkan ketidakmampuan mendapatkan layanan hubungan kecepatan tinggi (high-speed Internet connection), karena keterbatasan biaya dan area geografis.
Untuk melakukan Dial-up Connection, dibutuhkan perangkat-perangkat sebagai berikut:
§ Perangkat keras (hardware):
§ Komputer
§ Modem
§ Saluran Telepon
Perangkat Lunak (software): pada umumnya disediakan oleh ISP dimana kita berlangganan.
Username (login) dan Password: disediakan oleh ISP dimana kita berlangganan, login tidak dapat diganti sedangkan password dapat kita ganti sendiri secara berkala untuk menjaga keamanan.
Yang perlu kita lakukan adalah:
Berlangganan ke salah satu ISP terdekat
Memasang modem ke komputer kita
Meng-install software Internet yang disediakan oleh ISP
Menghubungkan diri (dial-up) ke ISP
Setelah komputer terhubung ke ISP maka saat itu pula komputer sudah dapat terhubung ke Internet dan kita dapat memulai penjelajahan di Internet. Hubungan ke Internet hanya terjalin selama mempertahankan koneksi komputer kita ke ISP melalui modem. Begitu kita memutuskan hubungan modem ke ISP maka saat itu pula kompuer terputus dari Internet.
Hubungan yang kita lakukan ke ISP adalah hubungan lokal (menggunakan pulsa telepon lokal) namun kita sudah bisa menjelajahi Internet dan mengunjungi tempat-tempat lain di seluruh dunia. Tentunya ‘kunjungan’ kita ke tempat-tempat lain tersebut bersifat maya (tidak nyata) karena kita hanya dapat melihat-lihat informasi yang terkandung di komputer-komputer lain di seluruh dunia yang terhubung ke Internet. Karena sifatnya yang maya inilah maka Internet dikenal sebagai cyberspace (dunia maya).
Dial-up Connection ini pada umumnya digunakan oleh pribadi-pribadi yang menginginkan untuk mengakses Internet dari rumah. Komputer yang digunakan untuk dial-up pada umumnya adalah sebuah komputer tunggal (bukan jaringan komputer).
2. Hotspot
Hotspot (Wi-Fi) adalah salah satu bentuk pemanfaatan teknologi Wireless LAN pada lokasi-lokasi publik seperti taman, perpustakaan, restoran ataupun bandara. Pertama kali digagas tahun 1993 oleh Brett Steward. Dengan pemanfaatan teknologi ini, individu dapat mengakses jaringan seperti internet melalui komputer atau laptop yang mereka miliki di lokasi-lokasi dimana hotspot disediakan.
Pada umumnya, hotspot menggunakan standarisasi WLAN IEEE 802.11b atau IEEE 802.11g. Teknologi WLAN ini mampu memberikan kecepatan akses yang tinggi hingga 11 Mbps (IEEE 802.11 b) dan 54 Mbps (IEEE 802.11 g) dalam jarak hingga 100 meter.
3. Mobile Access
Salah satu layanan akses Internet yang dapat diperoleh secara mudah dan praktis melalui perangkat telepon genggam (handphone), sehingga dapat menggunakanInternet di mana pun kamu berada, selama masih dalam daerah cakupandari operator telepon genggam.
4. Wireless
Mengacu jaringan nirkabel untuk semua jenis jaringan komputer yang nirkabel, dan umumnya dikaitkan dengan jaringantelekomunikasi yang keterkaitan antara node dilaksanakan tanpa menggunakan kabel. Wireless jaringan telekomunikasi pada umumnya dilaksanakan dengan beberapa jenis sistem transmisi informasi jarak jauh yangmenggunakan gelombangelektromagnetik, seperti gelombangradio, untuk operator dan implementasi ini biasanya terjadi pada tingkat fisik atau "lapisan" jaringan.
5. Dedicated Connection
Terhubung secara terus menerus selama 24 jam setiap hari dan 7 hari dalam seminggu. Pada umumnya, digunakan untuk mengakses Internet melalui fiber optic, jaringan TV kabel, satelit, dan telepon rumah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar